Aksi Lanjutan Kasus Siyono

 

2 hari 3 aksi

 

[Rilis Aksi Lanjutan Kasus Siyono : 2 Aksi dalam 3 Hari]

Setelah pada hari Senin, 18 April 2016, BEM UNS bersama beberapa BEM Fakultas melakukan aksi menuntut tanggung jawab Polri atas kematian Siyono namun belum mendapat tanggapan dari pihak Kepolisian, maka aksi lanjutan kembali dilaksanakan dengan topik dan tuntutan yang sama.

Namun, kali ini mahasiswa membawa “Keranda Rusak” yang khusus dipersembahkan untuk Polri.
“Teruntuk institusi POLRI tercinta, kami persembahkan keranda rusak ini untukmu. Sebagai simbol rusaknya keadilan, hukum, dan HAM yang harus segera diperbaiki”

Rabu, 20 April 2016. Di depan Polresta Surakarta, BEM UNS, BEM FEB UNS, BEM FKIP UNS, dan BEM FMIPA UNS menggelar aksi lanjutan untuk menuntut penyelesaian yang tuntas dan transparan dari Pihak Kepolisian untuk menyelesaikan kasus Siyono dan 120 kasus sebelumnya.

Massa aksi kembali menekankan berbagai kejanggalan yang muncul atas apa penyebab kematiannya. Salah satunya adalah hasil autopsi di pemakaman Siyono yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah didampingi Komnas HAM, Sembilan dokter forensik dari Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia cabang Jawa Tengah dan satu dokter forensik Polda Jawa Tengah. Dari hasil autopsi tersebut didapat 3 poin :
1. Siyono meninggal bukan hanya karena luka dibagian kepala saja, namun dari hasil otopsi, Siyono juga mengalami tindak kekerasan dibagian dada yaitu patah tulang dada yang mengarah ke jantung, patah Lima tulang di iga kiri masuk ke organ dalam, patah satu tulang di IGA kanan ke arah luar tubuh dan punggung memar akibat tekanan dari depan.
2. Jasad Siyono belum pernah mengalami autopsi sebelumnya
3. Tidak ada luka defensif yang menandakan tidak ada perlawanan dari Siyono.

Aksi kali ini juga diterima dalam sebuah audiensi oleh pihak Polresta Surakarta yang diwakili oleh Wakapolresta Surakarta. Sepuluh perwakilan massa aksi diperbolehkan untuk masuk kedalam Polresta dan melakukan dialog dengan menegaskan pernyataan sikap terkait penanganan kasus terorisme di Indonesia, khususnya masalah kematian Siyono, yaitu :
1. Menyesalkan tindakan Densus 88 atas kasus Siyono dan kasus – kasus serupa sebelumnya.
2. Menuntut keterangan dari Polri atas perbedaan antara hasil autopsy atas kasus Siyono dari polri dengan PP Muhammadiyah
3. Menuntut penyelesaian yang tuntas dan transparansi dari pihak kepolisian untuk menyelesaikan kasus Siyono dan 120 kasus sebelumnya.
4. Menuntut penindakan tegas terhadap oknum Densus 88 yang lalai dalam tugasnya sehingga menyebabkan kematian.
5. Menuntut perbaikan sistem secara menyeluruh dalam tubuh Densus 88
6. Peninjauan kembali UU mengenai kewenangan Densus 88 yang terlalu luas
7. Menuntut adanya evaluasi terhadap penanganan kasus terorisme supaya kedepannya tidak terjadi kesalahan yang justru malah merugikan pihak yang tidak bersalah.

Setelah mendengar tuntutan mahasiswa, Wakapolresta Surakarta menegaskan menyambut baik aksi mahasiswa karena masih dinilai masih peduli akan permasalahan bngsa dan terkait dengan Polri pada khususnya. Kemudian, Wakapolresta Surakarta juga berjanji akan mencatat tuntutan mahasiswa dan akan disampaikan kepada pihak Mabes Polri.

Sebagai penutup, perwakilan mahasiswa memberikan “Keranda Rusak” sebagai simbol pembenahan yang harus dilakukan Polri. “Teruntuk institusi POLRI tercinta, kami persembahkan keranda rusak ini untukmu. Sebagai simbol rusaknya keadilan, hukum, dan HAM yang harus segera diperbaiki”
Hidup Mahasiswa!

Selengkapnya :

http://nasional.republika.co.id/…/o5tujv354-bem-uns-tuntut-…

http://www.timlo.net/…/mahasiswa-tindak-oknum-densus-88-la…/

http://www.mahasiswanews.com/…/bem-uns-tuntut-transparansi-…

http://solo.tribunnews.com/…/usung-keranda-rusak-untuk-polr…

http://solo.tribunnews.com/…/minta-usut-tuntas-kasus-kemati…

http://solo.tribunnews.com/…/akibat-aksi-damai-bem-uns-solo…

http://panjimas.com/…/tuntut-kematian-siyono-bem-uns-serah…/

http://www.al-hisbah.com/…/tuntut-penyelesaian-kasus-siyono…

 

BEM UNS 2016
Inisiator Perubahan
——————————
FB : BEM UNS
TWITTER : @bemuns
IG : @bemuns
LINE : @emi4057n
WEB : bem.uns.ac.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *