Press Release Konsolidasi Nasional II BEM Seluruh Indonesia 2016

Untitled-2

Pada tanggal 24-26 Juni 2016, Aliansi BEM SI melaksanakan konsolidasi nasional kedua yang bertempat di bumi Sriwijaya tepatnya Universitas Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan. BEM UNS selaku Koordinator Isu bidang Pendidikan hadir dalam konsolidasi nasional dengan diwakili oleh Mentri Jaringan dan Aksi Farkhan Ramadhana. Pembukaan dihadiri oleh perwakilan rektorat Universitas Sriwijaya dan perwakilan Gubernur Sumatera Selatan. Susunan acara selanjutnya adalah evaluasi eskalasi pergerakan semester pertama yang telah dilakukan BEM SI yakni bulan Januari-Juli.

Dalam evaluasi menunjukkan data yang merujuk pergerakan semester pertama BEM SI cukup banyak berfokus pada permasalahan isu-isu pendidikan tinggi. Isu-isu pendidikan tinggi menjadi konsentrasi isu dikarenakan ditemukannya banyak permasalahan yang memberatkan nasib mahasiswa hingga sampai pada praktek liberalisasi pendidikan tinggi. Ada 6 fokus isu yang diangkat oleh BEM UNS bersama beberapa kampus lain seperti BEM Unsoed, BEM UPI dan lain-lain yang tergabung dalam tim koordinator isu pendidikan BEM SI pada semester pertama, yaitu :

  1. Anggaran Pendidikan Tinggi
  2. BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negri)
  3. UKT (Uang Kuliah Tunggal)
  4. UU No.12 Tahun 2012 ttg Pendidikan Tinggi (PTNBH)
  5. Beasiswa (BBP/PPA)
  6. Masa Kuliah 5 Tahun

Pada masa semester pertama tim Koordinator Isu Pendidikan bersama dalam BEM SI menjadi garda terdepan dalam corong suara perubahan yang proaktif untuk mengawal dan mengkritisi berbagai kebijakan-kebijakan yang digulirkan mengenai pendidikan tinggi baik melalui aksi lapangan maupun lewat berbagai audiensi dengan instansi terkait yakni Kemenristekdikti dan Komisi X DPR-RI.

Untuk semester kedua BEM UNS bersama tim koordinator isu pendidikan BEM SI akan secara bertahap mengawal beberapa isu permasalahan pendidikan dasar dan menengah yang dirasa masih memiliki beberapa permasalahan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Namun isu pendidikan tinggi tetap akan terus dikawal dan dikritisi hingga tuntasnya permasalahan yang saat ini ada.

Selain isu pendidikan BEM SI ikut bergerak dalam bidang lain seperti isu lingkungan, ekonomi, korupsi , kesehatan, maritim, perempuan dan energy yang dalam hal ini dilakukan dengan skala nasional maupun daerah melalui koordinator wilayah di masing daerah dan pergerakan secara nasional.

Konklusi akhir pembahasan dalam Konsolidasi Nasional Kedua BEM SI 2016 menghasilkan sebuah konsensus kesepakatan bersama mengenai fokus utama eskalasi pergerakan BEM SI pada semester kedua kedepannya dengan juga mengawal isu-isu lainnya, yaitu isu “Selamatkan Lingkungan Hidup Indonesia”.

BEM UNS yang dimana juga tergabung dalam aliansi BEM SI berharap eskalasi pergerakan baik yang telah dijalankan, sedang dijalankan dan kedepannya akan dijalankan dapat bersinergis secara baik dengan seluruh lapisan masyarakat maupun mahasiswa. Karena kami sadar pergerakan mencapai perubahan untuk arah yang lebih baik adalah bukan hanya karena adanya Inisiator Perubahan didalamnya, namun juga karena adanya sinergi dari seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama.

 

BEM UNS 2016

Inisiator Perubahan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *