Kendeng Masih Melawan dan Terus Melawan!

 

Oleh : Muhammad Rizki Almalik
(Mahasiswa Fakultas Hukum UNS 2015)

“Ibu bumi wis maringi, Ibu bumi dilarani, Ibu bumi kang ngadili, Laillahailallah Muhammadurrasulullah”

Kita ketahui bersama bahwa permasalahan atau konflik agraria di negeri ini sangatlah banyak, terkhusus di wilayah Jawa Tengah. Kurang lebih ada sekitar 450 konflik agraria yang mengemuka di Indonesia pada tahun ini. Salah satunya adalah Pembangunan dan pertambangan pabrik semen PT. Semen Indonesia Tbk. di daerah pegunungan karst Kendeng, Rembang, Jawa Tengah. Sejak tahun 2012, ketika itu Gubernur Jatengnya adalah Bibit Waluyo mengeluarkan izin lingkungan dengan Surat Keputusan Nomor 660.1/17 Tahun 2012 tanggal 7 Juni 2012 dengan nama PT. Semen Gresik. Dapat diketahui disini bahwa perjuangan dan perlawanan dulur-dulur petani Kendeng dimulai sejak tahun 2012, bahkan sebelum itu. Sudah kurang lebih 5 Tahun. Kemudian pada tahun 2014 mulailah pembangunan pabrik dan permulaan konflik panjang pemerintahan melawan rakyatnya sendiri.

Berlanjut, ketika Gubernur Jawa Tengah berganti menajadi Ganjar Pranowo. Di tahun 2016 merupakan salah satu puncak perjuangan dan perlawanan masyarakat Kendeng. Di tahun ini juga Ganjar Pranowo mengganti SK Nomor 660.1/17 Tahun 2012 menjadi SK Nomor 660.1/30 Tahun 2016 tanggal 9 November 2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku Semen dan Pembangunan Serta Pengoperasian Pabrik Semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Kabupaten Rembang. Yang dahulunya bernama PT. Semen Gresik kemudian menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Padahal sebelum keluarnya SK Nomor 660.1/30 Tahun 2016 sebelumnya telah keluar putusan Mahkamah Agung yang memenangkan masyarakat Kendeng via jalur hukum, yaitu Putusan MA Nomor 99 PK/TUN/2016 tertanggal 5 Oktober 2016 dengan amar putusan adalah membatalkan obyek sengketa, dalam hal ini adalah izin pada SK Nomor 660.1/17 Tahun 2012. Seharusnya jika pihak tergugat dalam hal ini adalah pemerintahan daerah Jawa Tengah paham akan aturan hukum maka seharusnya tidak mengeluarkan SK Nomor 660.1/30 Tahun 2016 dan yang seharusnya dilakukan adalah memenuhi putusan Mahkamah Agung secepatnya.
Kenapa disini SK tersebut dapat digugat dikarenakan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Daerah Jawa Tengah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2010-2030 Juncto KeputusanPresiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2011 tentang Penetapan Cekungan Air Tanah, dan yang menjadi pokok alasan dari regulasi yang diebutkan sebelumnya adalah Cekungan Watuputih adalah kawasan lindung imbuhan air yang seharusnya dilindungi karena air merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan maupun pertanian.

Setelah itu akhirnya, di detik-detik terakhir 60 hari tenggang waktu untuk memenuhi putusan MA, Ganjar pun akhirnya mengeluarkan SK Gubernur Nomor 660.1/4 tahun 2017 tertanggal 16 Januari 2017 dengan isi yang dirasa bermata dua. Seolah-olah memenuhi putusan MA tetapi juga seperti membukakan pintu baru untuk PT. Semen Indonesia Tbk. untuk melanjutkan pembangunan pabrik dan penambangan semen. Dan benar saja ketika proses AMDAL dengan mudah di loloskan, akhirnya izin baru dikeluarkan lagi yaitu SK Nomor 660.1/30 Tahun 2017 tentang Izin Penambangan Bahan Baku Semen.

Perjuangan Perlawanan

Berkaitan dengan perjuangan dan perlawanan, maka yang terngiang dikepala adalah puisi seorang pencari keadilan di negerinya sendiri, Wiji Thukul. “Maka hanya ada satu kata: lawan!”. Begitu juga masyarakat kendeng ketika keadilan dan keberpihakan pemerintah sudah tidak lagi berada di kubu rakyat dan hanya mementingkan kaum korporat. Ya, tidak ada jalan lain selain melakukan perlawanan. Melalui jalur sopan dan santun atau yang lebih familiar “damai” dilakukan, jalur hukum juga ditempuh, jalur jalanan pun juga ditempuh. Hukum sudah berbicara mana yang benar adalah benar dengan Putusan MA Nomor 99 PK/TUN/2016 namun dalam implementasinya tetap saja diakali dan dikalahkan.

Perjuangan dan perlawanan ini dimulai sejak tahun 2006, pada saat itu baru terendus rencana pembangunan dan penambangan pabrik semen dan akhirnya pada tahun 2012 turunlah SK tentang hal tersebut. Tidak berhenti disitu, dulur-dulur petani kendeng kemudian mendirikan tenda-tenda perjuangan di daerah didirikan pabrik dan penambangan. Mereka semua rela meninggalkan rumah bahkan tempat tidur mereka untuk kemudian memperjuangkan kebenaran dan keadilan untuk keberlangsungan kelestarian lingkungan dan anak-cucu kita semua dikemudian hari.

Perjuangan dan perlawanan ini tidaklah jalan ditempat, karena perlawanan sekecil mungkin yang di dasarkan pada niat dalam kebaikan di kemudian hari akan menjadi api yang menjalar dan besar. Pada tanggal 12 April 2016, mereka melakukan aksi pasung kaki dengan semen di depan Istana Rakyat, sebagai simbol protes mereka terhadap pembangunan pabrik semen di daerah pegunungan karst, Kendeng. Selama kurang lebih satu minggu mereka melakukan aksi ini, begitu kuatnya niat dan ikhlas di hati mereka untuk memperjuangkan kebaikan, kebenaran, dan keadilan. Pada tanggal 2 Agustus 2016 akhirnya mereka dulur-dulur petani kendeng yang senantiasa berprasangka baik dengan berjanji akan melakukan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) di Pegunungan Kendeng. Selama kajian dilakukan, pabrik semen dilarang untuk beroperasi. Namun kemudian memang itu hanyalah secercah harapan yang kosong dan hanya menjadi pemanis dalam pahitnya perjuangan petani kendeng yang diberikan oleh pemerintahnya. Layaknya “tong kosong, nyaring bunyinya”.

Karena masih saja beroperasi, maka dulur-dulur petani kendeng pada tanggal 5 Desember 2016 memutuskan untuk longmarch, berjalan kaki dari Kendeng, Rembang menuju ke Semarang tepatnya di rumah rakyat Jawa Tengah, Gubernuran untuk bertemu dengan pemimpinnya, Ganjar Pranowo yang katanya “Tuanku adalah Rakyat, Gubernur hanyalah Mandat”. Jarak sekitar 150 kilometer tidak menghalangi mereka untuk terus berjalan dalam jalan kebenaran untuk memperoleh suatu keadilan dan juga dilakukan untuk mengetuk hati seorang Ganjar Pranowo, yang mungkin telah membatu. Berjalan selama 3 hari bukanlah perkara yang gampang dan mudah, namun demi apa yang mereka perjuangkan maka mereka lakukan. Namun sayang ketika sampai di gubernuran seorang yang dicari tidak ada, dan yang menemui hanyalah staffnya. Seharusnya ketika mengetahui dari awal rakyatnya bersusah payah dengan berjalan kaki ingin bertemu dengan pemimpinnya barang sebentar saja untuk menemui dan beriktikad baik, tapi ini tidak, payah.

Perjuangan dan Perlawanan masih berlanjut, ketika amar putusan MA belum juga dipenuhi oleh seorang Ganjar Pranowo, maka mereka memutuskan untuk menginap di depan gubernuran dengan mendirikan tenda-tenda perjuangan. Bukan tanpa usikan dari pemerintah yang seharusnya menemui rakyatnya, malah menggusur mereka untuk berpindah yang kemudian pada akhirnya di bongkar paksa. Tak menyurutkan semangat, dan ketika itu perjuangan mereka dibersamai oleh berbagai elemen, mulai dari buruh sampai pada kawan-kawan mahasiswa. Meskipun tenda di bongkar mereka tidak pindah tempat, mereka tidak surut, dan kemudian menggunakan payung untuk berteduh dari panasnya matahari serta dinginya hujan. Mereka menunggui seorang Ganjar Pranowo untuk memenuhi putusan MA dan sampai dengan 30 hari, dimanakah hatinya. Dan pada akhirnya di detik-detik akhir batas waktu pemenuhan putusan MA, akhirnya Ganjar Pranowo mengeluarkan SK Nomor 660.1/4 tahun 2017. Namun seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa keputusan ini seperti mengakali putusan MA yang dengan tegas membatalkan obyek sengketa dalam hal ini adalah PT. Semen Indonesi Tbk. dengan bermata dua seperti yang dijelaskan sbelumnya. Namun dengan berprasangka baik, mereka menerima keputusan tersebut dengan kemudian mengawal keputusan tersebut.

Pada akhirnya yang diprasangkai baik oleh dulur-dulur petani kendeng menjadi pupus karena terbitnya SK baru seorang Ganjar Pranowo yang mengaku “Tuanku adalah Rakyat, Gubernur hanyalah Mandat”, SK Nomor 660.1/30 Tahun 2017 tentang Izin Penambangan Bahan Baku Semen yang mebuat kembali mengobarnya perlawanan mereka, sampai saat mereka kembali ke tenda-tenda perjuangan di pegunungan karst yang kemudian di bongkar paksa oleh aparat kemudian di bakar, dimana hati nuraninya? Sampai-sampai mushola pun dibakar.

Lagi-lagi hal ini tak menyurutkan semangat perlawanan dan perjuangan. Hari ini perjuangan dan perlawan mereka tetap berlanjut bahkan sampai tulisan ini dibuatpun mereka masih berjuang mencari keadilan di depan Istana Rakyat, Istana Negara dengan memasung kaki dengan semen sebagai bentuk simbolik dan protes dengan berlanjutnya pabrik semen. Mereka telah jenuh dan bingung mau melakukan apalagi agar pemerintah mendengarkan mereka. Dan hari ini pun, belum juga bapak Presiden Jokowi menemui mereka dan malah terdengar kabar malah akan meresmikan pabrik semen dan malah nge-vlog sama kambing.

Alasan kenapa sampai detik ini dulur-dulur kendeng masih berjuang dan melawan? Salah satu faktornya adalah lingkungan dan minim manfaatnya ketika dibangun pabrik disana. Secara factor lingkungan adalah mata pencaharian utama mereka, tani, ketika karst atau batu kapur kemudian ditambang dampaknya adalah tidak adanya penadah air ketika hujan, tak ada lagi yang mampu menyalurkan air ke dalam tanah. Layaknya spons, setiap karst itu mampu untuk menampung air hujan yang kemudian menyalurkan ke air tanah. Lalu untuk pabrik sendiri, hanya menyerap skitar 300 orang, belum lagi mengenai spesifikasi pegawainya, apakah petani nantinya dibutuhkan? Apakah yakin lahan pertanian tetap ada untuk menghidupi para petani? Silahkan kemudian untuk juga difikirkan karena Indonesia adalah Negara agraris, bukan negaranya korporat-korporat.

Pemerintah, Dimana Kau?

Ketika kita ketahui bersama dalam konstitusi negara kita, Republik Indonesia yaitu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia telah dijelaskan dalam pembukaannya bahwa salah satu tugas negara adalah mensejahterakan rakyatnya. Tapi ketika kita melihat lagi dengan kondisi negara pada hari ini, bisa dikatakan bahwa tujuan tersebut belumlah serpenuhnya tercapai dan konstitusi hanyalah sebagai dasar sekedarnya saja. Dengan segala permasalahan bangsa dimana petani, buruh, dan rakyat miskin kota pun masih sengsara. Lalu hadirnya pemerintah sebagai regulator, sebagai perangkat negara untuk mencapai salah satu tujuan ini kemana?

Kemudian dimanakah pemerintah ketika dulur-dulur petani kendeng meminta dan memperjuangkan keadilan untuk kesejahteraannya? Suatu pertanyaan yang begitu menohok bagi siapapun. Seharusnya disini pemerintah adalah hadir ditengah permasalahan-permasalah rakyat karena memang pemerintah adalah regulator, pemerintah memiliki kuasa penuh yang dimandatkan oleh rakyatnya untuk kemudian mampu hadir ditengah-tengah permasalahan rakyat, khususnya dalam hal ini adalah perjuangan dulur-dulur petani kendeng.

Namun kalau dilihat yang terjadi pada hari ini, jam ini, menit ini, dan detik ini pemerintah seakan acuh, tutup mata, tutup telinga, bahkan membatukan hati mereka dengan permasalahan yang dirasakan oleh dulur-dulur kendeng, ancaman kesejahteraan yang terenggut. Kita semua tidak melihat hadirnya pemerintah sebagai pohon rindang penyejuk hati rakyat tapi yang kita lihat hnayalah api yang membakar amarah rakyat. Terlihat bahwa disini pemerintah sudah tidak lagi menggunakan keberpihakannya sebagaimana mestinya, keberpihakan terhadap rakyat.

Sangat jelas bahwa pemerintah kini sudah tidak berpihak lagi dengan rakyat, ketika kita dapat memahami duduk perkara yang di alami oleh dulur-dulur kendeng. Ketika apa yang diamanahkan dalam Pasal 1 ayat (3) UUD NRI yang berbunyi “Negara Indonesia adalah Negara hukum”, malah dikangkangi oleh pemerintahnya sendiri, dalam hal ini adalah Ganjar Pranowo yang dirasa tidak menjalankan putusan MA Nomor 99 PK/TUN/2016 yang menyatakan bahwa batal obyek sengeketa yang berarti Izin yang pernah dikeluarkan Ganjar harusnya di cabut.

Kemudian berkaitan dengan hati nurani, kemanakah hati nurani pemerintah ketika melihat dulur-dulur kendeng ini mengaksikan, memperjuangakan kebenaran dan keadilan dengan berbagai cara sampai berhari-hari hanya ingin berdialog dengan pemerintah tapi nyatanya, pemerintah tetap saja bungkam dan tidak mau hadir ditengah-tengah rakyat. Bahkan sampai hari ini telah jatuh korban meninggal dunia dengan tulusnya memperjuangankan keadilan dan kebenaran. Sampai disini, terlihat bahwa hati nurani pemerintah sudah lah mati. Lebih mementingkan eksistensi didunia maya daripada menemui rakyat yang mengamanahinya dan malah memberikan janji janji omong kosong belakang.

Kalau boleh berkesimpulan, dimanakah pemerintah hari ini? Pemerintah sudah mati nuraninya, sudah tak mampu melihat dengan hati, dan juga sudah tak mampu lagi berpihak kepada rakyat. Bahwasanya hari ini pemerintah hanya mementingkan korporasi daripada lahan pertanian yang mampu menghidupi rakyatnya. Bahwasanya hari ini negara Indonesia sebagai negara agraris sudah tidak berlaku lagi dan menjadi negara korporat.

Matinya hati nurani pemerintah sangat terlihat jelas hari ini dengan tetep memilih untuk bungkam ketika perjuangan dan perlawanan dulur-dulur kendeng sampai menelan korban jiwa. Dan ketidakberpihakan kepada rakyat pun semakin terlihat sangat jelas hari ini dengan kemudian yang jelas hari ini adalah keberpihakan rezim pemerintah kepada korporasi-korporasi dan pemodal-pemodal dan tak menggemingkan kesejahteraan rakyat.

Sedikit kutipan dari seorang Ganjar Pranowo yang menisbatkan “Tuanku adalah rakyat, Gubernur hanyalah mandat” yang saya rasa kita sepakat sudah tidak lagi relevan. Karena kenyataannya bagi seorang Ganjar Pranowo adalah “Tuanku ya korporat, Gubernur hanyalah mandat!”. Dan sangat menyesalkan sikap Presiden Jokowi yang malah memilih untuk bermain vlog dengan kambing-kambing daripada menemui rakyatnya!

Maka dari itu, saatnya nurani ini berbicara, saatnya hati ini menggerakkan raga kita, pikiran kita, untuk kemudian melawan rezim yang dzalim ini, rezim yang sudah tidak berpihak kepada rakyat. Maka segera penuhilah jalanan dengan warna-warni almamatermu untuk kembali mengingatkan pemerintah agar kembali kepada mandat Undang-Undang Dasar yaitu mensejahterakan rakyatnya, bukan menyengsarakan rakyatnya. Untuk kembali menegaskan bahwa mahasiswa bersama rakyat menentang ketidakadilan ini!

*E*hh- *K*orupsi *T*oh *P*ak(?)

 

Belum selesai problematika yang ada di negeri ini,namun sekarang malah bertambah dengan munculnya problematika lama yang menjadi keresahan setiap masyarakat,permasalahan yang menyangkut hajat orang banyak dan tentunya Warga Negara Indonesia.Yaa,korupsi.Kasus yang sekarang sedang marak-maraknya terdengar ditelinga dan sekarang yang menjadi sasaran dalam korupsi tersebut ialah proyek Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Dan yang lebih mengejutkan ialah orang-orang yang diduga terlibat dalam kasus tersebut notabenenya adalah pejabat-pejabat pemerintahan.Tidak tanggung-tanggung,dana yang dikorupsi mencapai Rp 2,3 Triliun dan itu bukanlah dana yang sedikit.

Satu hal lagi yang penting,uang yang dikorupsi adalah uang kami,yang sudah seharusnya uang itu kembali kepada kami,bukan malah dikorupsi. Baik pak ini ada pesan dari kami untuk bapak-bapak disana :

Pak
Kami bingung dengan semua ini
Ketika kami sibuk mencari uang untuk makan sehari-hari
Ehh kalian malah asik korupsi

Pak
Tidakkah bapak sadari (?)
Uang yang kalian pakai adalah uang kami
Yang harusnya uang itu digunakan untuk kesejahteraan kami

Pak
Apakah semuanya akan terus seperti ini(?)
Hingga kami mati,karena uang kami kalian korupsi
Dengan seenak hati

Salam Cinta dari Kami

Kami adalah rakyatmu pak,yang disini kami susah mencari uang untuk makan sehari-hari,ehh kalian malah korupsi dengan seenak hati,tanpa memikirkan kesejahteraan kami.

Dan kami juga mohon kepada bapak-bapak yang masih memiliki hati nurani,tolong usut tuntas kasus korupsi ini,karena jika semua ini terus dibiarkan seperti ini,maka dimanakah letak kekuatan hukum pak(?) Apakah saat ini hukum itu tajam ke bawah dan tumpul ke atas (?)

Tolong selesaikan segera permasalahan ini pak,jangan sampai ada yang ditutup-tutupi lagi,karena dari dulu korupsi seperti sudah menjadi tradisi,tolong usut tuntas semua kasus korupsi yang ada di negeri ini.

Sejatinya tugas dari bapak-bapak adalah melindungi kami,mensejahterakan kehidupan kami,bukan malah menyengserakan kami seperti ini.

Mungkin itu pak sedikit pesan dari kami,semoga bapak-bapak disana masih memiliki hati nurani.

Oleh: Firzan Gifari
Rakyatmu

Kado Awal Tahun Pemerintah

Awal tahun adalah dimulainya lembaran baru 365 hari kedepan. Awal tahun identik dengan harapan-harapan baru yang lebih baik. Awal tahun ini, 2017 sayangnya tidak sesuai dengan  ke-identikan itu. Belum selesai rakyat Indonesia memperoleh kenyataan bahwa banyaknya tenaga kerja asing di Indonesia, khususnya china yang padahal tenaga kerja dalam Negara sendiri masih banyak yang membutuhkan lapangan pekerjaan atau pengangguran. Namun pemerintah serasa tutup mata akan hal itu. Awal tahun ini harapan-harapan baru rakyat Indonesia telah di koyak dengan suatu kenyataan yang diberikan oleh pemangku-pemangku kebijakan, pemerintah Indonesia yang mengeluarkan kebijakan yang begitu kontroversial. Menaikkan Tarif Dasar Listrik 900 VA dan juga Menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Non-subsidi. Inilah salah satu kado awal tahun dari pemerintah untuk rakyatnya. Selain itu masih ada lagi biaya mengurus surat kendaraan bermotor yang naik. Sungguh luar biasa bukan? Luar biasa ditengah susahnya ekonomi rakyat. Tahun baru, Penderitaan baru bagi rakyat!

Tarif Dasar Listrik (TDL) 900 VA resmi naik pada awal tahun ini. Dan tarif ini pun parahnya akan naik setiap 3 bulan sekali. Salah satu alasan dinaikkannya TDL ini ialah pengurangan subsidi terhadap Tarif Dasar Listrik (TDL) 900 VA. Pengguna listrik ini tidak semua orang kaya, dan ada pula rakyat menengah kebawah yang menggunakan.  Kenaikan TDL ini begitu tinggi dan tidak wajar. Pasalnya tarif awal hanyalah Rp 605/kWh menjadi Rp 791/kWh per 1 Januari yang kemudian akan naik lagi menjadi Rp 1034/kWh per 1 Maret dan puncaknya adalah menjadi 1352/kWh per 1 Mei 2017. Dan kenaikan pun sampai 242.5 % yang pastinya menambah derita rakyat.

Kemudian satu lagi kado awal tahun pemerintah adalah kenaikan harga BBM non-subsidi (pertalite, premium, dsb). Harga BBM ini sebenarnya sudah naik sejak akhir bulan Desember yang lalu. Kemudian tertanggal 5 Januari 2017 pukul 00.00 resmi BBM non-subsidi ini naik lagi Rp 300/liternya. Padahal sekarang rakyat banyak yang menggunakan BBM non-subsidi karena memang awalnya harga tidak sebegitu tingginya. Dari beberapa temuan yang begitu mencengangkan adalah beberapa SPBU sudah tidak menjual premium yang dalam hal ini bisa ditarik kesimpulan bahwasannya secara tidak langsung memaksa rakyat untuk menggunakan BBM non-subsidi yang sekarang harganya sangat melambung tinggi. Kado awal tahun yang mencekik rakyat.

Dampak dari kenaikan-kenaikan harga ini sangat telak bagi rakyat. Bahkan kenaikan harga inipun berentetan dengan nantinya biaya hidup dan bahan-bahan pokok. Tapi fakta dilapangan yang kita lihat sekarang, pemerintah seolah “lempar batu sembunyi tangan”. Dimana pemerintah saling melempar tanggung jawab seakan-akan tidak ada yang mengusulkan kebijakan-kebijakan kenaikan harga tersebut. Kok bisa ndak ada yang mengusulkan kok jadi kebijakan. Aneh!

Pemangku kebijakan dalam menelurkan suatu kebijakan seharusnya melihat kebawah, untuk siapa kebijakan ditelurkan, dan kebijakan pro rakyat lah yang seharusnya ditelurkan. Bukan suatu kebijakan yang tidak wajar yang mencekik, memberatkan serta menambah derita rakyatnya. Bukan malah seakan-akan melupakan dibawah ada rakyat yang menitipkan amanah kepadamu dan melupakan jeritan rakyat dibawah yang tertindas oleh kebijakan-kebijakan yang ditelurkan.

Panjang umur Perjuangan !
Muhammad Rizki A

Manifestasi Huru-Hara Politik Kampus

 

Oleh Muhammad Shidiq Fathoni

( Mahasiswa Fisip Sosiologi UNS 2015)

Ihwal politik kampus merupakan sebuah zona dunia baru, suatu perubahan zona progresif yang akan dialami oleh insan yang disebut siswa ketika menjadi insan yang disebut mahasiswa. Elok, mahasiswa sebutanya layaknya objek yang mendapat awalan Maha tak banyak yang menyandang predikat tersebut. Maha Esa misalnya yang mempunyai arti Tuhan yang Maha Esa, maupun Mahadewa yang merupakan sosok Dewa keluhuran, kemuliaan dan kepahlawanan di dalam cerita pewayangan. Dua kata yang mengambarkan bahwasanya tidak main-main predikat Maha dari suatu kata.
.
Syahdan, mahasiswa merupakan status dan peran yang disandang seseorang yang mengalami masa transisi progresif dari seorang siswa. Memasuki zona dunia baru dengan segela beban yang disandang. Jika dulu Plato menggambarkan seorang manusia gua keluar dari gua. Melihat dunia luar, lalu ia terpana. Realita keadaan yang berbeda dengan bayang-bayang di dinding gua. Begitulah alegori gua, dunia idea menurut Plato yang nampaknya cocok untuk mengambarkan zona dunia baru politik kampus yang akan dialami seorang mahasiswa baru. Berorganisasi secara lebih luwes daripada di masa siswa, pergerakan mahasiwa dan berstrategi menarik masa untuk menjadi kader salah satu partai mahasiswa merupakan tiga dari sekian banyak pembelajaran dari zona politik kampus.
.
Namun seperti halnya petikan lagu AMust, “sayang seribu sayang.” Pesimisme dan stigma terhadap politik sendiri merupakan hambatan sesorang untuk terjun atau sekedar menjamah hal yang berkaitan dengan politik kampus. Terpaku pada pandangan Machiavelli pada bukunya II Principe yang mengasosiasikan politik yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan, dan para pelakunya disebut Makiavelis. Begitulah menghalalkan segala cara, kekuasaan dan kotor bagaikan air comberan begitulah paradigma ihwal mengenai politik maupun siyasi.
.
Manifestasi huru-hara politik kampus dengan berbagai paradigma negetif mengenai politik itu sendiri adalah hal yang harus dikonstruksi ulang di dalam kultur kampus. Politik kampus itu bukan saja soal kekuasaan, curang maupun hal kotor lainya. Kamu iya kamu, tanamkan dalam benakmu di dalam politik kampus kamu bisa mendapat ilmu mengenai strategi mengatur sebuah siasat untuk mencapai tujuan dalam berorganisasi, berjejaring, atau bahkan dirimu bisa menemukan jodoh jika dirimu beruntung.
.
Mengenai hura-hura politik kampus diriku dan dirimu harus mencari sudut pandang lain ihwal politik. Semisal saja politik atau siyasi menurut pandangan Islam, dalam bukunya risalah pergerakan I Hasan Al-Banna menjelaskan bahwasanya “ Sesungguhnya, dalam islam ada politik, tetapi politik yang padanya terletak kebahagiaan dunia dan akhirat.” Kejujuran, keikhlasan, objektivitas dan selalu berpihak kepada kemaslahatan rakyat sesuai dengan pandangan islam. Pertanda islam bukan hanya mengatur ritual ubudiyah saja.
.
Sudut pandang Islam nampaknya bisa mengubah paradigma kita menganai hal kotor seperti halnya tulisan Soe Hok Gie dalam bukunya Catatan Seorang Demonstaran halaman 121, “Dalam politik tak ada moral. Bagiku sendiri politik adalah barang yang paling kotor, lumpur-lumpur yang kotor. Tetapi suatu saat di mana kita tak dapat menghindar diri lagi maka terjunlah. Kadang-kadang saat ini tiba, seperti revolusi dahulu.”
.
Pandangan Ali Syariati mengenai konsepsi intelektual, Syariati menyebutnya dengan istilah raushanfikr, yaitu orang-orang yang resah akan penderitaan umat serta melakukan kerja-kerja dan kontribusi riil untuk perbaikan ummat adalah hal yang bisa dijadikan sudut pandang gerak politik kampus. Kontribusi riil dan menjadi wadah pembelajaran pelbagai hal adalah politik kampus riang gembira bukan huru-hara.
.
Manifestasi huru-hara politik kampus merupakan masalah bersama, stagnasi politik kampus antara ideal dan realita yang terjadi adalah dua hal yang bertolak belakang. Proses merupakan hal yang harus ditekankan tanpa mengesampingkan hasil. Hadir ikut serta merubah huru-hara menjadi riang gembira dalam manifestasi politik kampus adalah kehendak yang harus tertanam di dalam hati dan dijalankan secara kolektif.
.
Terciptanya politik kampus yang layaknya di alegorikan Plato sebagai gua yang merupakan dunia idea adalah sebuah pekerjaan bersama dirimu, diriku dan dirinya. Seperti halnya Hasan Al-Banna berkata “ Muslim tidak akan sempurna keislamanya kecuali setelah menjadi seorang politisi yang memerhatikan urusan umatnya dan bersemangat membelanya.”
.
Maka dari itu
.
Marilah kawanku, marilah bersamaku
.
Biarkan politik kampus menghiburmu
.
Ayo belajar politik kampus bersamaku
.
Bebaskan hatimu
.
Simpan saja gengsimu
.
(Petikan lagu goyang duyu Project POP, dengan sedikit banyak dicocokan dan diganti dengan kebutuhan tema tulisan)
.
Referensi :
1. Soe Hok Gie, “Catatan Seorang Demonstran”, LP3S : Jakarta. 2005
2. Hasan Al-Banna, “Risalah Pergerakan Al-Ikhwan Al-Muslimin I”, Era Adicitra Intermedia : Surakarta. 2006
3. Syeikh Mushthafa Masyhur, “Fiqih Dakwah Jilid I”, Al-I’tishom Cahaya Umat : Jakarta. 2015
4. Rif’an Anwar, “Si Buta dari Gua Plato dan 99 Anekdot Filsafat Lainya”, Kanisius :Yogyakarta. 2011
5. Ali Syariati, “Ideologi Kaum Intelektual : Suatu Wawasan Islam”, Penerbit Mizan : Bandung. 1990

Cerita Dari Semarang : Perjuangan Dulur-dulur Petani Kendeng!

Muhammad Rizki A

Melihat handphone menyala. Ternyata ada pesan masuk dari seorang kawan. Mahasiswa Universitas Diponegoro, sama-sama asal Klaten sih. “Mas, besok puncak aksi petani kendeng, mangkat semarang yo?”. Bingung dan bimbang. Baru aja nyampe rumah dari Solo, besok diajak ke Semarang. Ah biarlah. Saya balas, “Gas, Mangkat mas”. Karena saya pikir wong petani kendeng jalan kaki dari Rembang sampai Semarang aja kuat kok.

Pagi tak lupa berpamitan orang tua. Karena saya percaya ridho orang tua adalah ridho Allah. “Bu, Pak. Badhe pamit datheng Semarang”, Pamit Saya. “Ngopo le? Karo sopo?”, jawab ibu Saya. “Biasanipun buk. Hehe. Kalih rencang saking Undip”, ketika bilang biasanipun atau biasanya, sudah paham. Karena biasanya ketika mau berangkat aksi atau hanya nonton aksi minta izin orang tua dulu. Hehe. “Yowis, ati-ati”, kata ibu Saya. Meluncur dengan teman setia. Sepeda Motor abu-abu.

Sampai. Para petani kendeng sudah memulai aksinya sejak 30 hari. 30 hari Gubernuran tak dikasih longgar. Dari mulai mereka longmarch dari Rembang sampai Semarang. Bisa dikira-kira jauhnya. Berlanjut dengan menginapnya ibu-ibu petani kendeng didepan Gubernuran. Awalnya mendirikan tenda di depan pintu gerbang, lalu di gusur sedikit kesamping, tidak lagi di depan pintu gerbang. Oke. Ibu ibu ini masih menerima. Kemudian apa? Tenda mereka di bongkar paksa. Namun, alangkah terketuknya hati kawan-kawan yang ada di Semarang memberikan payung untuk berteduh dari teriknya matahari dan guyuran hujan. Dan puncaknya adalah kemarin, 17 Januari 2016. Dulur-dulur petani Kendeng meninggalkan Gubernuran setelah 30 hari bermalam.

Sejak tahun 2012 dulur-dulur kendeng melawan. Jalur apapun mereka tempuh. Hingga akhirnya pun jalur hukum pun juga ditempuh. Karena perjuangan memang tak kenal lelah dalam hal kebaikan. Akhirnya dulur-dulur petani kendeng ini dimenangkan oleh putusan MA yang mengharuskan dan memaksa (karena sudah inkracht) Gubernur Jawa Tengah untuk mencabut izin lingkungan PT. Semen Indonesia (yang awalnya PT. Semen Gresik yang SK nya sudah dicabut yang diganti dengan PT. Semen Indonesia). Seharusnya sebagai pemimpin yang baik. Pemimpin yang katanya “Tuanku adalah Rakyat, Gubernur adalah Mandat”. Tapi seperti tidak ada iktikad baik dalam menjalankan putusan MA ini. Dibuktikan baru sehari sebelum batas waktu yang ditetapkan MA (60 hari) untuk mancabut izin tersebut, baru yang katanya Pelayan Rakyat ini memenuhi putusan MA, tepatnya pada 16 Januari 2016 dengan Surat Keputusan Gubernur No.6601/4 tahun 2017 tertanggal 16 Januari 2017 Tentang Pencabutan Keputusan Gubernur No. 660.1/30 tahun 2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku dan Pembangunan serta Pengoperasian Pabrik Semen PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Namun, ketika kita lihat lagi lebih dalam dalam SK yang dikeluarkan oleh pak Ganjar ini, Poin 1 memang sudah seperti yang diharapkan yaitu “Menyatakan batal dan tidak berlaku” keputusan Gubernur No. 660.1/17 tahun 2012 tanggal 7 Juni 2012 sebagaimana telah diubah oleh Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 660.1/30 tahun 2016 tanggal 9 November 2016 tentang Izin Lingkungan Penambangan Bahan Baku Semen dan Pembangunan serta Pengoperasian Pabrik Semen PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk di Rembang. Yang berartikan bahwa segala izin Pabrik Semen tersebut batal dan tidak berlaku mulai SK tersebut keluar. Kita lihat lebih dalam lagi di poin kedua dan seterusnya, di situ dinyatakan bahwa berdasarkan putusan Peninjauan Kembali Mahkamah Agung, Gubernur memerintahkan kepada PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk menyempurnakan dokumen adendum Andal dan RKL-RPL. Selain itu, Komisi Penilai AMDAL Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan proses penilaian dokumen adendum Andal dan RKL-RPL, yang saat ini sedang berlangsung untuk memenuhi Putusan Peninjauan Kembali No. 99/PK /TUN/2016 tanggal 5 Oktober 2016. Nah disini terlihat begitu aneh dan ganjil. Lha wong dalam putusan MA itu mencabut segala izin Pabrik Semen, Lha kok ini seperti ini. Ya, berartikan kalau seumpama syarat-syarat yang ditentukan dalam SK tersebut dipenuhi oleh Pabrik Semen ya sama aja to dapat izin lagi buat nambang lagi, terus dulur-dulur Petani Kendeng ini nanti nasibnya bagaimana?

Memang SK Gubernur ini, seakan terlihat bermata dua dan sarat siasat. Seolah-olah memenuhi putusan MA untuk mencabut segala bentuk izin dari Pabrik Semen, tapi di sisi lain memberikan kesempatan untuk Pabrik Semen melengkapi segala berkasnya dan ketika sesuai dengan SK tersebut maka kemungkinan besar akan ada izin lagi untuk Pabrik Semen. Apa-apaan ini?

Karena begitu baiknya hati dulur-dulur petani Kendeng, mereka pun beri’tikad baik menyambut keputusan dari Gunernur Jawa Tengah ini. Mereka masih menerima dan ber- husnudzon dengan apa yang telah dilakukan dan diputuskan oleh Gubernur, pelayan Rakyat. Begitu baiknya hati mereka, setelah perlakuan yang kurang memuaskan oleh sang “Pelayan Rakyat”. Semoga perjuangan dulur-dulur petani Kendeng ini tidak sia-sia, dengan kebaikan dan kelembutan hati mereka.

Bagaimana seorang rakyat yang masih mau menghormati “Sang Pelayan Rakyatnya”, tidak seperti “Sang Pelayan” yang menginjak-injak rakyatnya. Saya percaya bahwa ketika kebaikanlah yang diperjuangkan niscaya keberhasilan pun akan datang dan kedzalimanpun tertumpas. Seperti yang dilakukan dulur-dulur petani Kendeng yang tanpa henti memperjuangkan setiap kebaikan yang merupakan hak-haknya yang tertindas oleh penguasa. Lanjutkan perjuangan! Karena nafas dan umur perjuangan di negeri ini, di alam Kendeng, dan yang membersamai dulur-dulur petani Kendeng masih sangat panjang! Kendeng Lestari!

Yah. Pulang hujan-hujan dari semarang sampai klaten. Brrr. Adem lur!